Soal Biologi :Ruang Lingkup Biologi dan kunci jawaban



1. Biologi berasal dari bahasa yunani yaitu bios yang berarti . . . .
A. Ilmu
B. Hidup
C. Kajian
D. Perkembangan
E. tumbuhan

2. Ruang lingkup biologi yang paling mendasar adalah . . . .
A. SEL
B. BIOSFER
C. JARINGAN
D. ORGANISME
E. MOLEKUL

3. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur adalah . . . .
A. VIROLOGI
B. BOTANI
C. ENTOMOLOGI
D. MIKOLOGI

4. Sopyan sedang mengamati kupu-kupu yang baru saja ia tangkap kemudian ia jadikan koleksi dalam insektariumnya, cabang ilmu biologi apa yang berkaitan dengan kegiatan sopyan . . . .
A. ORNITOLOGI
B. ENTOMOLOGI
D. SITOLOGI
E. MIKROBIOLOGI

5. Kumpulan dari individu-individu  yang sejenis disebut . . . . 
A. ORGANISME
B. POPULASI
C. KOMUNITAS
D. EKOSISTEM
E. BIOMA

6. Singa memburu zebra untuk dimakan, hal yang dilakukan singa merupakan Salah satu ciri makhluk hidup yaitu . . . .
A. REPRODUKSI
B. RESPIRASI
C. MEMBUTUHKAN NUTRISI
D. ADAPTASI
E. TUMBUHAN DAN BERKEMBANG 

7. Kemampuan individu dalam menyesuaikan diri terhadap lingkunganya merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu . . . .
A. ADAPTASI
B. PREDASI
C. ANATOMI
D. MIMIKRI
E. EKOSISTEM

8. Langkah pertama  dalam metode ilmiah adalah . . . .
A. MELAKUKAN EKSPERIMEN
B. OBSERVASI
C. MENGANALISIS DATA
D. MERANCANG EKSPERIMEN
E. IDENTIFIKASI PERMASALAHAN

9. Irma akan melakukan transplantasi ginjal. Ginjal dipelajari pada organisasi kehidupan tingkat . . . 
A. SEL 
B. JARINGAN
C. ORGAN
D. SISTEM ORGAN 
E. INDIVIDU

10. Deskripsi hasil pengamatan terhadap objek biologi yang mengunakan indra pengelihatan contohnya adalah . . . .
A. Bau dan rasa
B. Bentuk dan ukuran
C. Warna dan rasa
D. Tekstur dan ukuran
E. bau dan warna

11. Keterampilan membaca skala pada mistar  merupakan keterampilan . . . .
A. pengamatan
B. prediksi
C. klasifikasi
D. mengukur
E. inferensiasi

12. Pada saat pulang sekolah panji menemukan suatu  makhluk hidup, ciri-ciri yang memastikan makhluk hidup tersebut termasuk mamalia adalah?
A. Benafas dengan insang
B. Memiliki paruh
C. Bulu dengan warna yang mencolok
D. Berkembang biak dengan telur
E. Memiliki kelenjar susu

13. Variable bebas dari peryataan”Tinggi tanaman papaya tegantung jumlah air yang disiramkan pada tanaman tersebut adalah . . . .
A. Jumlah air
B. Tinggi tanaman 
C. tanaman papaya
D. waktu penyiraman
E. lama penyiraman

14. Variable control dari pernyataan “semakain tinggi suhu perendaman biji,  semakin cepat perkecambah biji Semangka “ adalah . . . .
A. suhu perendaman biji
B. jumlah biji semangka
C. jumlah daun yang muncul
D. kecepatan tumbuhnya akar
E. kecepatan perkecambahan

15. Variable terikat dari pernyataan “semakin tinggi temperature air semakin cepat telurnya masak” adalah . . . .
A. temperature
B. temperature air
C. jumlah air
D. waktu yang diperlukan untuk merebus telur
E. besarnya telur  yang direbus

16. Ikan mengeluarkan gelembung udara saat berada dalam air hal ini merupakan salah satu cirri makhluk hidup yaitu . . . .
A. bernafas
B. bereproduksi
C. beradaptasi
D. tumbuh dan berkembang
E. membutuhkan nutrisi

17. Kingdom yang ditempati oleh manusia adalah. . . .
A. eubacteria
B. protista
C. fungi
D. plantae 
E. animalia

18. Tingkatan ruang lingkup biologi yang ditempati oleh kumpulan beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu wilayah dalam waktu tertentu adalah . . . .
A. organisme
B. populasi
C. komunitas
D. ekosistem
E. bioma

19. Yoga mengamati  tanaman semngka dan ia mengatakan bahwa sebentar lagi tanaman itu akan berbunga. Pertanyaan tersebut termasuk . . . .
A. observasi
B. hipotesis
C. variable control
D. perencanaan 
E. kesimpulan

20. Salah satu manfaat dari mempelajari biologi adalah . . .  .
A. mengetahui harga sayuran
B. menciptakan mesin kedokteran
C. dapat menjelaskan proses fotosintesis
D. membuat alat komunikasi yang efektif
E. mengetahui hukum newton 2 

21. Seiring dengan berkembangnya zaman, manusia mulai memperluas pengetahuannya dan tertarik mempelajari berbagai bidang ilmu termasuk Biologi. Pengembangan ilmu pengetahuan ini bertujuan untuk . . . .
a.       Mengurangi jumlah penduduk di bumi
b.       Menciptakan jenis makhluk hidup baru
c.       Mengeksploitasi seluruh kekayaan alam
d.       Meningkatkan kesejahteraan hidup manusia
e.       Menguabh tatanan kehidupan makhluk hidup di bumi

22.      Seorang pecinta alam yang sering naik gunung, turun gua, atau melakukan berbagai observasi dan penelitian membukukan semua hasil observasinya. Hasil observasi tersebut kemudian menjadi rujukan bagi para peneliti dan pecinta alam lainnya. Tindakan yang  dilakukan pecinta alam tersebut menunjukkan salah satu ciri sains, yaitu . . . .
a.       Hasilnya cenderung bersifat subjektif
b.       Menggunakan caar belajar yang logis
c.       Memiliki objek kajian berupa benda konkret
d.       Sistematis, karena langkahnya urut dan bersifat kaku
e.       Melakukan pengembangan berdasarkan pengalaman empiris

23.      Dalam suatu penelitian, seorang ilmuwan memperoleh data yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Meskipun demikian, ilmuwan tersebut tetap menyajikan hasil penelitian apa adanya tanpa melakukan manipulasi data demi kepentingan pribadinya. Hal ini menunjukkan salah satu ciri sains, yaitu . . . .
a.       Hasil penelitian harus bersifat objektif
b.       Teori yang dihasilkan berlaku umum
c.       Memiliki objek kajian berupa benda konkret
d.       Langkah-langkah penelitian harus sistematis
e.       Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris

24.      Berbagai jenis kupu-kupu di Papua kini terancam punah. Hal ini terjadi akibat adanya perburuan liar. Cabang Biologi yang diperlukan untuk menyelamatkan kelangsungan hidup kupu-kupu di Papua tersebut adalah . . . .
a.       Botani
b.       Sitologi
c.       Fikologi
d.       Imunologi
e.       Entomologi

25.      Seorang siswa ingin meneliti keanekaragaman jenis burung di jalur pendakian Selo, Taman Nasional Gunung Merbabu. Cabang Biologi yang diperlukan dalam penelitian tersebut adalah . . . .
a.       Mikologi
b.       Ornitologi
c.       Entomologi
d.       Herpetologi
e.       Lomnologi

26.      Di pasaran kini dijual berbagai macam produk olahan susu, salah satunya yoghurt. Produk olahan susu ini mempunyai nilai gizi sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan. Cabang-cabang Biologi yang diperlukan dalam pembuatan yoghurt ini adalah . . . .
a.       Bioteknologi dan Mikologi
b.       Entomologi dan Parasitologi
c.       Bakteriologi dan Bioteknologi
d.       Mikrobiologi dan Paleontologi
e.       Mikologi dan Biologi Molekuler

27.      Perhatikan tabel berikut ini!
No.
Cabang Biologi
Bidang Kajian
1.
Patologi
Perihal berbagai jenis penyakit
2.
Fikologi
Kehidupan serangga dan peranannya bagi makhluk hidup
3.
Mikologi
Kehidupan jamur dan peranannya bagi makhluk hidup
4.
Entomologi
Struktur dalam tubuh makhluk hidup
5.
Botani
Sistem kekebalan tubuh
Cabang-cabang Biologi yang sesuai dengan bidang kajian yang dipelajari meliputi nomor . . . .
a.       1) dan 3)
b.       1) dan 5)
c.       2) dan 3)
d.       2) dan 4)
e.       3) dan 5)

28.      Hasan dan Ahmad melakukan penelitian tentang pengaruh insektisida terhadap biota perairan sungai. Penelitian ini termasuk dalam kajian cabang Biologi . . . .
a.       Ekologi
b.       Ekofisiologi
c.       Parasitologi
d.       Bioteknologi
e.       Ekotoksikologi

29.      Berdasarkan struktur dan fungsinya, Amoeba termasuk organisasi kehidupan tingkat . . . .
a.       Sel
b.       Organ
c.       Organel
d.       Jaringan
e.       Sistem Organ

30.  Serumpun bambu, segerombol semut, dan beberapa ekor tupai yang hidup di tepi sungai berdasarkan konsep Ekologi merupakan suatu . . . .
a.       Individu
b.       Populasi
c.       Komunitas
d.       Ekosistem
e.       Bioma

31.  Seorang dokter melakukan transplantasi ginjal pada penderita gagal ginjal. Ginjal dipelajari dalam organisasi kehidupan tingkat . . . .
a.       Sel
b.       Organ
c.       Jaringan
d.       Individu
e.       Bioma

32.  Perhatikan hierarki organisasi makhluk hidup berikut!
1)     Komunitas
2)     Individu
3)     Populasi
4)     Ekosistem
5)     Bioma
Urutan hierarki organisasi makhluk hidup dari tingkat paling rendah ke tingkat yang lebih tinggi adalah . . . .
a.       2) – 1) – 3) – 5) – 4)
b.       2) – 3) – 1) – 4) – 5)
c.       2) – 3) – 5) – 4) – 1)
d.       2) – 4) – 3) – 5) – 1)
e.       3) – 2) – 1) – 4) – 5)

33.  Seorang siswa melakukan penelitian dengan menanam tanaman jagung di tiga petak yang berbeda. Petak I diberi air kelapa dengan konsentrasi 250 ppm, petak II diberi air kelapa dengan konsentrasi 500 ppm, dan petak III tidak diberi perlakuan air kelapa. Ketiga petak tersebut mendapat intensitas cahaya yang sama dan disiram dengan air secukupnya. Intensitas cahaya dan volume air dalam penelitian tersebut merupakan . . . .
a.       Variabel bebas
b.       Variabel kontrol
c.       Variabel terikat
d.       Variabel manipulasi
e.       Variabel pengganggu

34.  Seorang peneliti gagal dalam suatu penelitian. Peneliti tersebut kemudian segera mencari penyebab kegagalan itu dan mencobanya lagi hingga berhasil. Sikap ilmiah yang ditunjukkan oleh peneliti tersebut adalah . . . .
a.       Ulet dan gigih
b.       Bertanggung jawab
c.       Jujur terhadap fakta
d.       Terbuka dan fleksibel
e.       Memiliki rasa ingin tahu
35.  Dalam suatu laporan penelitian, teori dan konsep-konsep yang berkaitan dengan topic penelitian disajikan dalam bab . . . .
a.       Pendahuluan
b.       Daftar pustaka
c.       Tinjauan pustaka
d.       Metode penelitian
e.       Hasil dan pembahasan
36.Ilmu tentang darah dikenal sebagai ....
a. Andrologi
b. Psikologi
c. Dermatologi
d. Hematologi
e. Ginekologi
37.Ilmu tentang struktur dalam makhluk hidup dikenal sebagai ....
a. Ekologi
b. Morfologi
c. Fisiologi
d. Zoologi
e. Anatomi
38.Ilmu tentang faal dalam tubuh suatu makhluk
dikenal sebagai ....
a. Ekologi
b. Morfologi
c. Fisiologi
d. Zoologi
e. Anatomi
39.Ilmu tentang segala sesuatu tentang pembiusan dalam suatu operasi dikenal sebagai ....
a. Anaestesi
b. Zoologi
c. Anatomi
d. Morfologi
e. Evolusi
40.Ilmu tentang perubahan secara lambat pada
makhluk hidup yaitu ....
a. Revolusi
d. Anatomi
b. Fisiologi
d. Morfologi
e. Evolusi

7 comments:

  1. trim's tambahan soalnya gan. sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. Artikelnya menarik kak, ini saya juga punya artikel tentang Ruang Lingkup Biologi, smoga bisa saling melengkapi

    Materi Biologi SMA - Ruang Lingkup Biologi

    ReplyDelete
  3. Sori gan, mau tanya itu nomer 2 kok yg paling mendasar adalah sel ? Kan seharusnya molekul,,
    Gitu aja gan saling melengkapi yakk trims buat soalnya ��

    ReplyDelete
  4. Bagus banget soalnya. Ada kunci jawabannya juga.

    ReplyDelete
  5. MISI GAN... ITU NO 4 BUKANNYA ENTOMOLOGI YA?? KAN KUPU² SERANGGA

    ReplyDelete