A.
Ilmu
B. Hidup
C.
Kajian
D.
Perkembangan
E.
tumbuhan
2.
Ruang lingkup biologi yang paling mendasar adalah . . . .
A. SEL
B.
BIOSFER
C.
JARINGAN
D.
ORGANISME
E.
MOLEKUL
3.
Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur adalah . . . .
A.
VIROLOGI
B.
BOTANI
C.
ENTOMOLOGI
D. MIKOLOGI
E.
EVOLUSI
4.
Sopyan sedang mengamati kupu-kupu yang baru saja ia tangkap kemudian ia jadikan
koleksi dalam insektariumnya, cabang ilmu biologi apa yang berkaitan dengan
kegiatan sopyan . . . .
A.
ORNITOLOGI
B.
ENTOMOLOGI
C. GENETIKA
D.
SITOLOGI
E.
MIKROBIOLOGI
5.
Kumpulan dari individu-individu yang sejenis disebut . . . .
A.
ORGANISME
B. POPULASI
C.
KOMUNITAS
D.
EKOSISTEM
E.
BIOMA
6.
Singa memburu zebra untuk dimakan, hal yang dilakukan singa merupakan Salah
satu ciri makhluk hidup yaitu . . . .
A.
REPRODUKSI
B.
RESPIRASI
C. MEMBUTUHKAN NUTRISI
D.
ADAPTASI
E.
TUMBUHAN DAN BERKEMBANG
7.
Kemampuan individu dalam menyesuaikan diri terhadap lingkunganya merupakan
salah satu ciri makhluk hidup yaitu . . . .
A. ADAPTASI
B.
PREDASI
C.
ANATOMI
D.
MIMIKRI
E.
EKOSISTEM
8.
Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah . . . .
A.
MELAKUKAN EKSPERIMEN
B.
OBSERVASI
C.
MENGANALISIS DATA
D.
MERANCANG EKSPERIMEN
E. IDENTIFIKASI PERMASALAHAN
9.
Irma akan melakukan transplantasi ginjal. Ginjal dipelajari pada organisasi
kehidupan tingkat . . .
A.
SEL
B.
JARINGAN
C. ORGAN
D.
SISTEM ORGAN
E.
INDIVIDU
10.
Deskripsi hasil pengamatan terhadap objek biologi yang mengunakan indra
pengelihatan contohnya adalah . . . .
A.
Bau dan rasa
B. Bentuk dan ukuran
C.
Warna dan rasa
D.
Tekstur dan ukuran
E.
bau dan warna
11.
Keterampilan membaca skala pada mistar merupakan keterampilan . . . .
A.
pengamatan
B.
prediksi
C.
klasifikasi
D. mengukur
E.
inferensiasi
12.
Pada saat pulang sekolah panji menemukan suatu makhluk hidup, ciri-ciri
yang memastikan makhluk hidup tersebut termasuk mamalia adalah?
A.
Benafas dengan insang
B.
Memiliki paruh
C.
Bulu dengan warna yang mencolok
D.
Berkembang biak dengan telur
E. Memiliki kelenjar susu
13.
Variable bebas dari peryataan”Tinggi tanaman papaya tegantung jumlah air yang
disiramkan pada tanaman tersebut adalah . . . .
A. Jumlah air
B.
Tinggi tanaman
C.
tanaman papaya
D.
waktu penyiraman
E.
lama penyiraman
14.
Variable control dari pernyataan “semakain tinggi suhu perendaman biji,
semakin cepat perkecambah biji Semangka “ adalah . . . .
A.
suhu perendaman biji
B. jumlah biji semangka
C.
jumlah daun yang muncul
D.
kecepatan tumbuhnya akar
E.
kecepatan perkecambahan
15.
Variable terikat dari pernyataan “semakin tinggi temperature air semakin cepat
telurnya masak” adalah . . . .
A.
temperature
B.
temperature air
C.
jumlah air
D. waktu yang diperlukan untuk
merebus telur
E.
besarnya telur yang direbus
16.
Ikan mengeluarkan gelembung udara saat berada dalam air hal ini merupakan salah
satu cirri makhluk hidup yaitu . . . .
A. bernafas
B.
bereproduksi
C.
beradaptasi
D.
tumbuh dan berkembang
E.
membutuhkan nutrisi
17.
Kingdom yang ditempati oleh manusia adalah. . . .
A.
eubacteria
B.
protista
C.
fungi
D.
plantae
E. animalia
18.
Tingkatan ruang lingkup biologi yang ditempati oleh kumpulan beberapa populasi
yang saling berinteraksi di suatu wilayah dalam waktu tertentu adalah . . . .
A.
organisme
B.
populasi
C. komunitas
D.
ekosistem
E.
bioma
19.
Yoga mengamati tanaman semngka dan ia mengatakan bahwa sebentar lagi
tanaman itu akan berbunga. Pertanyaan tersebut termasuk . . . .
A.
observasi
B. hipotesis
C.
variable control
D.
perencanaan
E.
kesimpulan
20.
Salah satu manfaat dari mempelajari biologi adalah . . . .
A.
mengetahui harga sayuran
B.
menciptakan mesin kedokteran
C. dapat menjelaskan proses
fotosintesis
D.
membuat alat komunikasi yang efektif
E.
mengetahui hukum newton 2
21.
Seiring dengan berkembangnya zaman, manusia mulai memperluas pengetahuannya dan
tertarik mempelajari berbagai bidang ilmu termasuk Biologi. Pengembangan ilmu
pengetahuan ini bertujuan untuk . . . .
a. Mengurangi jumlah penduduk di bumi
b. Menciptakan jenis makhluk hidup baru
c. Mengeksploitasi seluruh kekayaan alam
d. Meningkatkan
kesejahteraan hidup manusia
e. Menguabh tatanan kehidupan makhluk hidup di bumi
22.
Seorang pecinta alam yang sering
naik gunung, turun gua, atau melakukan berbagai observasi dan penelitian
membukukan semua hasil observasinya. Hasil observasi tersebut kemudian menjadi
rujukan bagi para peneliti dan pecinta alam lainnya. Tindakan yang dilakukan pecinta alam tersebut menunjukkan
salah satu ciri sains, yaitu . . . .
a. Hasilnya cenderung bersifat subjektif
b. Menggunakan caar belajar yang logis
c. Memiliki objek kajian berupa benda konkret
d. Sistematis, karena langkahnya urut dan bersifat kaku
e. Melakukan
pengembangan berdasarkan pengalaman empiris
23.
Dalam suatu penelitian, seorang
ilmuwan memperoleh data yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Meskipun
demikian, ilmuwan tersebut tetap menyajikan hasil penelitian apa adanya tanpa
melakukan manipulasi data demi kepentingan pribadinya. Hal ini menunjukkan
salah satu ciri sains, yaitu . . . .
a. Hasil
penelitian harus bersifat objektif
b. Teori yang dihasilkan berlaku umum
c. Memiliki objek kajian berupa benda konkret
d. Langkah-langkah penelitian harus sistematis
e. Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris
24.
Berbagai jenis kupu-kupu di Papua
kini terancam punah. Hal ini terjadi akibat adanya perburuan liar. Cabang
Biologi yang diperlukan untuk menyelamatkan kelangsungan hidup kupu-kupu di
Papua tersebut adalah . . . .
a. Botani
b. Sitologi
c. Fikologi
d. Imunologi
e. Entomologi
25.
Seorang siswa ingin meneliti
keanekaragaman jenis burung di jalur pendakian Selo, Taman Nasional Gunung
Merbabu. Cabang Biologi yang diperlukan dalam penelitian tersebut adalah . . .
.
a. Mikologi
b. Ornitologi
c. Entomologi
d. Herpetologi
e. Lomnologi
26.
Di pasaran kini dijual berbagai
macam produk olahan susu, salah satunya yoghurt. Produk olahan susu ini
mempunyai nilai gizi sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan.
Cabang-cabang Biologi yang diperlukan dalam pembuatan yoghurt ini adalah . . .
.
a. Bioteknologi dan Mikologi
b. Entomologi dan Parasitologi
c. Bakteriologi
dan Bioteknologi
d. Mikrobiologi dan Paleontologi
e. Mikologi dan Biologi Molekuler
27.
Perhatikan tabel berikut ini!
No.
|
Cabang Biologi
|
Bidang Kajian
|
1.
|
Patologi
|
Perihal berbagai jenis penyakit
|
2.
|
Fikologi
|
Kehidupan serangga dan peranannya bagi
makhluk hidup
|
3.
|
Mikologi
|
Kehidupan jamur dan peranannya bagi makhluk
hidup
|
4.
|
Entomologi
|
Struktur dalam tubuh makhluk hidup
|
5.
|
Botani
|
Sistem kekebalan tubuh
|
Cabang-cabang
Biologi yang sesuai dengan bidang kajian yang dipelajari meliputi nomor . . . .
a. 1)
dan 3)
b. 1) dan 5)
c. 2) dan 3)
d. 2) dan 4)
e. 3) dan 5)
28.
Hasan dan Ahmad melakukan penelitian
tentang pengaruh insektisida terhadap biota perairan sungai. Penelitian ini
termasuk dalam kajian cabang Biologi . . . .
a. Ekologi
b. Ekofisiologi
c. Parasitologi
d. Bioteknologi
e. Ekotoksikologi
29.
Berdasarkan struktur dan fungsinya, Amoeba termasuk organisasi kehidupan
tingkat . . . .
a. Sel
b. Organ
c. Organel
d. Jaringan
e. Sistem Organ
30.
Serumpun bambu, segerombol semut,
dan beberapa ekor tupai yang hidup di tepi sungai berdasarkan konsep Ekologi
merupakan suatu . . . .
a. Individu
b. Populasi
c. Komunitas
d. Ekosistem
e. Bioma
31.
Seorang dokter melakukan
transplantasi ginjal pada penderita gagal ginjal. Ginjal dipelajari dalam
organisasi kehidupan tingkat . . . .
a. Sel
b. Organ
c. Jaringan
d. Individu
e. Bioma
32.
Perhatikan hierarki organisasi
makhluk hidup berikut!
1) Komunitas
2) Individu
3) Populasi
4) Ekosistem
5) Bioma
Urutan
hierarki organisasi makhluk hidup dari tingkat paling rendah ke tingkat yang
lebih tinggi adalah . . . .
a. 2) – 1) – 3) – 5) – 4)
b. 2)
– 3) – 1) – 4) – 5)
c. 2) – 3) – 5) – 4) – 1)
d. 2) – 4) – 3) – 5) – 1)
e. 3) – 2) – 1) – 4) – 5)
33.
Seorang siswa melakukan penelitian
dengan menanam tanaman jagung di tiga petak yang berbeda. Petak I diberi air
kelapa dengan konsentrasi 250 ppm, petak II diberi air kelapa dengan
konsentrasi 500 ppm, dan petak III tidak diberi perlakuan air kelapa. Ketiga
petak tersebut mendapat intensitas cahaya yang sama dan disiram dengan air
secukupnya. Intensitas cahaya dan volume air dalam penelitian tersebut
merupakan . . . .
a. Variabel bebas
b. Variabel
kontrol
c. Variabel terikat
d. Variabel manipulasi
e. Variabel pengganggu
34.
Seorang peneliti gagal dalam suatu
penelitian. Peneliti tersebut kemudian segera mencari penyebab kegagalan itu
dan mencobanya lagi hingga berhasil. Sikap ilmiah yang ditunjukkan oleh
peneliti tersebut adalah . . . .
a. Ulet
dan gigih
b. Bertanggung jawab
c. Jujur terhadap fakta
d. Terbuka dan fleksibel
e. Memiliki rasa ingin tahu
35.
Dalam suatu laporan penelitian,
teori dan konsep-konsep yang berkaitan dengan topic penelitian disajikan dalam
bab . . . .
a. Pendahuluan
b. Daftar pustaka
c. Tinjauan
pustaka
d. Metode penelitian
e. Hasil dan pembahasan
36.Ilmu tentang darah dikenal
sebagai ....
a. Andrologi
b. Psikologi
c. Dermatologi
d.
Hematologi
e. Ginekologi
37.Ilmu tentang struktur dalam
makhluk hidup dikenal sebagai ....
a. Ekologi
b. Morfologi
c. Fisiologi
d. Zoologi
e.
Anatomi
38.Ilmu tentang faal dalam tubuh
suatu makhluk
dikenal sebagai ....
a. Ekologi
b. Morfologi
c.
Fisiologi
d. Zoologi
e. Anatomi
39.Ilmu tentang segala sesuatu
tentang pembiusan dalam suatu operasi dikenal sebagai ....
a.
Anaestesi
b. Zoologi
c. Anatomi
d. Morfologi
e. Evolusi
40.Ilmu tentang perubahan secara
lambat pada
makhluk hidup yaitu ....
a.
Revolusi
d. Anatomi
b. Fisiologi
d. Morfologi
e. Evolusi
trim's tambahan soalnya gan. sangat membantu :)
ReplyDeleteArtikelnya menarik kak, ini saya juga punya artikel tentang Ruang Lingkup Biologi, smoga bisa saling melengkapi
ReplyDeleteMateri Biologi SMA - Ruang Lingkup Biologi
Sori gan, mau tanya itu nomer 2 kok yg paling mendasar adalah sel ? Kan seharusnya molekul,,
ReplyDeleteGitu aja gan saling melengkapi yakk trims buat soalnya ��
Sipp tingkatkan lagi (y)
ReplyDeleteSipp tingkatkan lagi (y)
ReplyDeleteBagus banget soalnya. Ada kunci jawabannya juga.
ReplyDeleteMISI GAN... ITU NO 4 BUKANNYA ENTOMOLOGI YA?? KAN KUPU² SERANGGA
ReplyDelete